Donor Darah Memperingati Hari Donor Darah - STMIK Widya Pratama Pekalongan

Donor Darah Memperingati Hari Donor Darah

22 Juni 2022


Pada Rabu, 22 Juni 2022 diadakan donor darah di Gedung C5 STMIK Widya Pratama.

Donor darah biasanya diadakan 4 bulan sekali oleh PMI yang merupakan program kerja UKM KSR STMIK Widya Pratama.


Pendaftaan donor darah dimulai dengan pengisian formulir untuk mengambil data diri dari pendonor. Lalu dilakukan pengetesan tensi daraha dan diambil sampel darah untuk mengetahui hemogoblin darah. Jika terlalu rendah atau terlalu tinggin maka tidak bisa melakukan donor. Jika Hb rendah, kita dapat mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi seperti sayuran hijau dan daging merah. Jika Hb tinggi, kita dapat menjaga pola makan dengan mengurangi konsumsi daging merah, serta minum air mineral yang cukup. Vaksinasi covid-19 juga menjadi syarat wajib bagi pendonor apabila akan mendonorkan darahnya.

Pendonor juga sangat disarankan untuk minum air mineral yang cukup setelah mendonorkan darah agar cairan dalam tubuh tetap cukup setelah donor darah.

Antusisme mahasiswa terlihat bahwa banyak mahasiswa yang mendonorkan darahnya. Tidak hanya mahasiswa bahkan Bapak/Ibu Dosen pun ikut mendonorkan darahnya. Sebanyak 25 point book diberikan kepada mahasiswa STMIK Widya Pratama bagi pendonor darah sebagai bentuk apresiasi.


#STMIKWP
#WPITv
#AyoDonorDarah
#PalangMerahIndonesia
#UKMKSRSTMIKWP
#SetetesDarahKitaSejutaHarapan